Salam Strike!!

Membicarakan ikan patin sepertinya tidak akan ada habisnya, bahkan sering jadi topik yang disukai oleh para angler air tawar. Pada kali ini kami akan berbagi Cara Jitu Mancing Ikan Patin Di Alam Liar.

Ikan patin liar adalah ikan patin dari jenis pangasius djambal, yang secara alamiah terdapat di 3 sungai besar di jawa yaitu sungai Citarum, sungai Bengawan Solo dan sungai Brantas. Jika ada ikan patin yang terdapat di luar ke-3 sungai tersebut, kemungkinan yaitu ikan introduksi atau ikan yang dimasukkan, ada juga ikan yang lolos dari karamba apung atau kolam-kolam pemeliharaan dan hidup liar di sungai/waduk.
https://rajaessentsm.blogspot.com/2018/11/cara-jitu-mancing-ikan-patin-di-alam-liar.html

Jenis ikan yang dibudidayakan di kolam-kolam pemancingan atau di kolam budidaya adalah ikan impor asal Thailand yaitu pangasius sutjii dan pangasius hypopthalmus. Membedakan jenis ikan patin ini memang sangat sulit bagi orang awam.

Cara Jitu Mancing Ikan Patin Di Alam Liar

Saat musim kemarau mancing dilubuk-lubuk konvensional yang memang secara sejarah ada ikan patinnya, sedangkan saat musim hujan wilayah mancing bisa lebih luas. Saat musim hujan baik saat siang hari ataupun malam hari peluangnya sama saja dalam menaikkan ikan patin ke pinggir sungai, namun saat musim kemarau, mancing malam hari lebih berpeluang menaikan ikan patin ke darat.

Cara mancing ikan patin bisa dengan berpelampung atau dengan cara mancing dasar, karena ikan patin memiliki sifat bentopelagik (hidup di dasar sungai, namun secara periodik menyembul ke atas permukaan).

3 Spot Favorit Ikan Patin Di Waduk

Mancing ikan patin di waduk atau danau bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu mancing di rumpon alami, mancing di sekitar karamba dan mancing dipinggir waduk.

1. Mancing Di Rumpon Alami

Rumpon alami di waduk yaitu bekas pohon tumbang yang hanyut saat waduk terisi air dari hulu. Dibawah pohon tumbang menimbulkan suatu koloni ikan yang berdiam disekitar barongan. Lokasi ini sangat berkah bagi para angler namun petaka bagi penjala, hal ini karena menjala di barongan berakbat jala rusak parah.

Mancing dilokasi ini hanya bisa dicapai dengan perahu, biasanya lokasinya terletak jauh dari pinggir waduk. Saat malam biasanya ikan patin jumbo diatas 2 kg sering bereakdi terhadap umpan yang disodorkan. Metode mancing yang digunakan sebaiknya berpelampung, dengan dimulai dari kedalam 1 meter, jika tidak ada respon bisa diturunkan lagi 2 meter, terus hingga mencapai dasar waduk.


2. Mancing Disekitar Karamba

Dibawah karamba ada berbagai jenis ikan yang berdiam yang memanfaatkan rantai makanan berupa sebagian pelet yang jatuh ke dasar.Ikan patin dibawah karamba bisa berukuran besar 2-10 kg.

Masalah mancing ikan disekitar karamba adalah mendapat akses mancing di karamba lebih sulit dibanding mendapatkan strike ikan patin itu sendiri, karena kita harus kenal dekat dan dipercaya pemilik karamba. Metode mancing yang efektif adalah mancing dasar, karena ikan hanya berkutat disekitar bawah karamba.

3. Mancing Di Pinggir Waduk

Mancing dipinggir waduk juga cukup berpeluang, walaupun presentase strike ikan patin masih dibawah mancing ikan di rumpon alami dan disekitar karamba. Mancing ikan patin di pinggir waduk hanya mengandalkan ikan yang sedang berjalan/bergerak mencari makan, bukan rumah ikan seperti kedua spot diatas.

Ada beberapa Cara mancing ikan patin di pinggir waduk. Mancing di tempat yang memang sering dipancing, lokasi ini umumnya agak dalam, walaupun di pinggir waduk. Lokasi yang sering dipancing pastinya rame oleh para angler, baik siang ataupun malam. mancing dasar adalah satu-satunya cara yang paling efektif, karena umpan harus dilempar jauh ke depan.


advertisment:

https://rajaessentsm.blogspot.com/2018/11/essen-barracuda-kualitas-premium-paling-mantap.html
Hotline : 0821-3087-4141 (Tlp/SMS/WhatsApp) | rajaessen61@gmail.com
Jln. Noenoeng Tisna Saputra Kec. Tawang Tasikmalaya Jawa Barat-46115

0 Komentar