Teknik Memancing Ikan Untuk Pemula ~ Memancing memang hobi yang menyenangkan namun kebanyakan dari kita belum tahu atau belum paham tentang teknik memancing ikan. Meskipun hanya sekedar hobi, namun agar lebih afdol lagi jika kita mengetahui teknik dasar dalam memancing.

https://rajaessentsm.blogspot.com/2018/11/teknik-dasar-memancing-ikan-untuk-pemula.html


Teknik dasar memancing ikan tidak mudah dan tidak sulit, melihat orang yang sedang mancing rasanya sangat gampang, tinggal lemparkan umpan, ikan makan umpan, gulung kenur dan angkat. Nyatanya memancing tak semudah itu, memancing ikan kita perlu keahlian khusus, terutama jika mengikuti lomba. Mau tahu bagaimana teknik dasar dalam memancing ikan untuk pemula, yuk cermati ulasan berikut.

1. Siapkan Umpan Yang Merangsang

Menggunakan umpan dengan daya tarik berupa rangsangan rasa, bentuk, warna, bau dan gerakan adalah teknik yang pertama dalam memancing ikan. Umpan yang digunakan bisa berupa umpan asli atau umpan tiruan. Umpan tiruan biasanya digunakan saat memancing ikan di laut.

2. Melempar Umpan

Kunci sukses memancing juga ditentukan oleh teknik lontaran umpan. lemparahn harus jatuh pada titik yang sama dengan titik yang sudah diberi umpan pengebom. Cara melempar umpan yang benar yaitu:
  • Atur pegangan tangan tepat pada gagang joran dimana ril duduk
  • Tahan kenur dengan jari telunjuk
  • Pegan joran tegak lurus searah badan dan arahkan mata ke titik tempat umpan jatuh
  • Gerakkan joran dengan gerakan siku ke arah depan nsampai kenur tegak lurus dengan air
  • Ayunkan umpan ke arah belakang dengan menggerakan joran lurus dengan kepala
  • Lemparkan umpan bersamaan dengan arah balik ayunan umpan ke depan dengan gaya seperti menyabet dengan joran
  • Lepaskan kenur yang tadi ditahan dengan jari

3. Isyarat Kenur

Pada rangkaian glosor atau kenur bebas lainnya, gerakkan umpan yang dimakan ikan getarannya akan langsung disalurkanke kenur. Setelah umpan dilemparkan, gulung kenur sedikit, taruhlah joran pada cagak joran dan atur kenur agar menegan namun jangan terlalu kencang. Perhatikankenur yang memasuki air karena disisi getarannya bisa terlihat jelas. Ada 2 kondisi dimana kita harus segera menggentak joran
  • Tanpa isyarat awal tiba-tiba kenur terangkat dan bergerak menjauh
  • Kenur yang tegang tiba-tiba menjadi kencor

Keadaan lain yang bisa dideteksi seperti kenur bisa bergerak mengencang dan mengendur, gerakkan yang amat halus bisa dirasakan dnegan meposisikan jari telunjuk pada kenur, pada keadaan yang ekstrim joran bisa turut tersebur ke air makanya disarankan untuk mengikat tali pengaman pada joran.

4. Menghentak Joran

Supaya ikan bisa terkait saat umpan termakan, setelah adanya deteksi gigitan yang diurai diatas tadi. Anda harus menggentakan joran (strike) terutama hika rangkaian yang digunakan berpelampung. Menggentakan joran bisa digolongkan sebagai gerakan refleks. Raih joran dengan memegangnya pada pangkal joran tepat di dudukan ril penggulung.

Gerakkan joran jauh ke arah belakang kepala secara cepat, usahana untuk tidak mengendurkan kenur. Menggentakan joran yang benar adalah melawan arah kenur.Pada empang pemancingan lontaran umpan hanya ke arah depan saja, karena sebelah kanan kiri ditempati orang.

5. Menaklukan Ikan

Menaklukan ikan saat yang cukup susah, gerakan ikan yang berontak melebihi kekakuatan kenur bisa menyebabkan kenur putus. Posisi joran harus selalu berlawanan dengan arah ikan. Selalu tenang, lakukan gerakan tarik ulur ini secara sabar terutama untuk ikan yang cukup besar.

Akibat daya lentur joran dan setelah bberapa kali tarik ulur ikan akan menjadi lemah, segera gulung kenur dengan gerakan memompa. Jika ikan sudah dekaat, soban harus ekstra hati-hatiterhadap gerakkan tiba-tiba ikan berontak.


Advertisment:


0 Komentar