Salam Strike!!

Pemancing penggemar sportfishing tentunya sudah tak asing lagi dengan teknik mancing casting. Teknik mancing yang semakin hari berkembang pesat ini memiliki banyak penggemar karena selain memiliki sensasi sendiri, juga teknik ini juga menyehatkan badan para pemancing karena tidak ada bedanya dengan berolahraga.

https://rajaessentsm.blogspot.com/2019/04/teknik-dasar-lemparan-casting.html

Berbicara tentang casting, pada kali ini kita akan mengulas mengenai 3 teknik dasar lemparan pada teknik mancing casting. Secara umum, ada 3 teknik lemparan dasar casting yang biasa dipakai para castinger, diantaranya:

Overhand

Bertujuan untuk melempar ke suatu titik yang terhalang di kedua sisi. Untuk menguasai teknik ini, pertama harus dilihat target lokasi dengan cermat, kemudian siapkan sebuah kaleng kosong dengan jarak sesuai yang diinginkan. Posisikan joran paralel dengan tanah dan sikut berada persis di samping rusuk.

Angkat joran kemudian ayunkan joran kearah posisi jam 10, tapi pastikan para mania hanya menggunakan pergelangan tangan untuk menghentakkan joran ke depan. Ulangi berkali-kali hingga arah ke lemparan semakin tepat dan umpan bisa jatuh masuk ke dalam kaleng.

Sidearm

Teknik casting menyamping ini berguna untuk melontar umpan ke satu titik yang berada dibawah naungan. Caranya dengan memegang joran paralel dengan tanah dan sikut tetap di samping rusuk.

Gerakkan pergelangan tangan ke depan kuat-kuat dan persis pada posisi jam 6 lepaskan jepitan jari ke tali, ulangi dan setelah semakin mahir gunakan ayunan joran untuk meningkatkan jarak lemparan dengan tetap menjaga akurasinya.

Underhand

Teknik ini berguna untuk melontar umpan ke titik yang terhalang oleh naungan dan juga di kedua sisi. Peganglah joran kira-kira disekitar pinggul. Posisikan joran paralel dengan tanah dan gantung umpan sekitar 15/20 cm dari ujung joran.

Mulailah dengan menundukkan joran hingga mencapai 45 derajat, kemudian dengan gerakkan yang bertenaga, gunakan pergelangan tangan untuk menggambar sebauah setengah lingkaran imajiner dengan ujung joran. Lepaskan jepitan ke tali saat ujung joran mencapai horizon.

Itulah 3 teknik dasar lemparan casting yang biasa dipakai para castinger yang bisa Anda coba lakukan.

Selamat Bertarung dan Salam Strike!


Advertisment:

http://essenwalangsangit.com

0 Komentar