Salam Strike!!

Jika pada halaman sebelumnya kita berbagi informasi mengenai Langkah Merawat Kenur dan Kail Pasca mancing. Nah pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai Cara Merawat Joran Pancing Dengan Tepat agar tidak mudah rusak dan tetap awet.

Joran adalah alat utama dalam memancing ikan setelah kail dan senar. Selain agar mendapat lemparan yang jauh atau bisa menjangkau titik spot mancing yang diinginkan, joran juga memiliki fungsi untuk mempermudah dalam menghadapi perlawanan ikan.

https://rajaessentsm.blogspot.com/2018/12/cara-merawat-joran-pancing-dengan-tepat.html
Harga joran sendiri bervariasi dan kian hari semakin meningkat. Maka sayang jika sampa joran tak terawat. Ikuti beberapa cara merawat joran pancing dengan tepat berikut ini:
  • Cuci Dengan Air Hangat
Setelah mancing terutama di laut, sangat disarankan untuk segera mencuci joran keseluruhan menggunakan air hangat. Air laut atau air asin mengandung garam, maka jika joran terus menerus terkena air laut tanpa perawatan maka joran akan mudah berkarat. Jadi jangan lupa mencuci joran setelah mancing.
  • Jangan Dijemur Di Bawah Sinar Matahari Langsung
Alih-alih mau segera digunakan mancing lagi, setelah dicuci kemudian dijemur di bawah terik matahari langsung. Hal ini bisa menyebabkan warna dan corak joran usang atau retak.
  • Pisahkan Masing-masing Bagian
Saat hendak mencuci joran, sebaiknya pisahkan komponen joran. Mulai dari reel, senar, pancing cuci satu-satu. Senar pancing jangan sampai dijemur di bawah terik matahari, karena bisa membuat retas senar. Untuk mencuci bagian sulit joran, reel gunakan sikat kecil yang lembut. Biasanya sisa pasir menempel didalam, jika dibiarkan bisa menjadi hambatan laju reel.
  • Beri Pelumas
Pelumas dipakai dalam keadaan joran sudah bersih. Pelumas digunakan pada tempat-tempat yang hampir tak terlihat, ruas-ruas sambungan joran dan juga pada reel. Tidak perlu memakai oli yang mahal, cukup dengan oli bekas bengkel juga bisa.

Itulah beberapa Cara Merawat Joran Pancing Dengan Tepat yang bisa Anda lakukan. Semoga Bermanfaat dan Salam Strike!!

0 Komentar